FANDOM

Kaitō Kid
Kaitō Kid Profile
(怪盗キッド, Kaitō Kiddo)
Lupin di Zaman Modern, Pesulap di bawah Sinar Bulan, Kaitō 1412
Penampilan Pertama
Manga:
Anime:
Film:
Animasi Video Original:
Nomor lubang kunci
Tampil di:
Manga, Manga Spesial, Anime, Film, OVA, Spesial, Opening, Ending, dan Magic Kaito 1412
Pengisi Suara
Jepang:
Kappei Yamaguchi (Kaito Kuroba)
Shuichi Ikeda (Tōichi Kuroba)
Koji Yada (Kōnosuke Jii; Magic Kaito Special)
Michio Hazama (Kōnosuke Jii; Magic Kaito 1412)
Inggris:
Jerry Jewell (Kaito Kuroba)
Pribadi
Tanggal Lahir:
21 Juni (Kaito Kuroba)
Jenis Kelamin:
Spesies:
Manusia
Usia:
18 (Penampilan kriminal debut)[1]
16-17[2] (Kaito Kuroba)
61[3] (Kōnosuke Jii)
Status:
Hidup
Pekerjaan:
Pencuri
Rekan:
Kemampuan Lainnya:
Mencuri
Benda

Kaitou Kid (怪盗キッド Kaitō Kiddo, lit. Phantom Thief Kid) adalah identitas rahasia dari karakter utama di manga dan anime franchise Magic Kaito, dan karakter yang sering muncul di manga dan anime franchise Detective Conan.

Latar Belakang Sunting

Kaitou Kid pertama kali tampil 18 tahun yang lalu di Paris, bersama seorang pensiunan pencuri hebat yang menghebohkan, Phantom Lady.[4] Berikut karakter yang pernah berperan sebagai Kaito Kid:

Trivia Sunting

  • Awalnya disebut sebagai Kaitou 1412, Yusaku Kudo melihat seorang reporter dengan tergesa-gesa menuliskan "1412" di selembar kertas dan dengan sengaja salah menafsirkannya sebagai "KID". Jadi, Yusaku menamainya Kaitou Kid.[5]
  • Kuroba (黒羽 or クロバ) (nama keluarga Kaito dan Toichi) memiliki pengucapan yang mirip dengan "semanggi" (クロバー kurobaa, clover) di Jepang (Hanya berbeda pada vokal yang panjang). Ini kemungkinan besar alasan mengapa semanggi muncul di monocle Kaitou Kid. Selain itu Gosho's Animal Crossing characters dinamai sesuai dengan kartu remi, "Clover" memperkenalkan dirinya sebagai Kaito Kuroba dan berpakaian seperti Kaitou Kid (kecuali topi hitam).
  • Kaitou Kid jelas dimodelkan setelah penjahat pria fiksi Arsène Lupin, oleh penulis Perancis Maurice Leblanc. Di wilayah berbahasa Perancis, Lupin terkenal seperti Sherlock Holmes di wilayah berbahasa Inggris. Yang menarik, Holmes muncul dalam beberapa cerita Arsene Lupin; Namun, setelah Conan Doyle memprotes karena undang-undang hak cipta, Leblanc mengubahnya menjadi "Herlock Sholmes."
  • Kaitou Kid menandatangani kartunya dengan gambar wajahnya secara abstrak. Dia menggambar ulang tandatangannya ini untuk setiap kartunya, sehingga polisi akan tahu bahwa itu benar-benar dia dan bukan seorang peniru yang menggunakan salinan pindaian dari tandatangan sebelumnya.
  • Dia membuat cameo di A Challenge Letter to Shinichi Kudo ~Prologue Until Goodbye~, di Hang Glider Cape nya ketika bom meledak di udara.
  • Di The Last Wizard of the Century, polisi menghubungkan 134 kasus pencurian dengan Kaitou Kid, lima belas diantaranya telah terjadi di luar negeri termasuk Amerika, Perancis, Jerman, dan 12 tempat lainnya. Secara total, 152 permata telah dicuri dengan kekayaan bersih 38.925.000.000 yen tetapi ini jelas tidak dianggap kanonikal dalam cerita utama Detektif dan Kaito Kid.
  • Akako Koizumi pernah berdandan sebagai Kaitou Kid untuk menipu Saguru Hakuba untuk berpikir Kaito tidak bersalah.
  • Dalam bahasa Jepang dan Inggris, Kaito Kuroba / Kaitou Kid berbagi aktor suara yang sama dengan Shinichi Kudo.
  • Kaitou Kid rupanya tahu cara mengemudi seperti yang ditunjukkan ketika dia menyamar sebagai Kogoro Mouri di Volume 30: Kasus Rumah Senja.

Referensi Sunting

  1. Magic Kaito Volume 5, Files 1-2: "The Phantom Lady". Ini menandai pengenalan resmi pertama Toichi yang melakukan pencurian dengan pakaian dan perilaku Kaito Kid yang khas.
  2. Umur Kaito tidak pernah dinyatakan dalam manga, tetapi karena nilai sekolah menengahnya dia berusia antara 16-17 dan kemungkinan merayakan ulang tahun di belakang layar. Anime Episode 219 menempatkan usianya saat 17 tahun, tetapi usia intro-box melanggar kanon manga (Shinichi berusia 17 juga, ketika dia harus berusia 16 tahun karena kasus menara jam terjadi pra-canon). Magic Kaito juga menempatkan usianya 17 tahun, menurut situs web anime.
  3. Episode 219
  4. Magic Kaito Volume 5, Chapters 29 dan 30: The Phantom Lady.
  5. Aoyama, Gosho (1996-18-01). "File 3" (in Japanese). Detective Conan. 55. Tokyo: Shogakukan. p. 151. ISBN 4-09-120628-X.